Home » » Sudah Tahu Belum Cara Hitung Atap Model Gudang (Pelana Kuda) Agan dan Sistnya??

Sudah Tahu Belum Cara Hitung Atap Model Gudang (Pelana Kuda) Agan dan Sistnya??

Saya pernah membahas bagaimana menghitung kebutuhan genteng rumah Anda, tetapi penjelasan sebelumnya mungkin terasa begitu rumit. Maka pada kali ini saya akan lebih menyederhanakannya. Seperti terlihat pada gambar di atas, kali ini saya akan membahas bagaimana menghitung kebutuhan atap rumah untuk model atap rumah gudang/pelana kuda.
Biasanya model kuda-kuda kayunya seperti terlihat pada gambar. Misal lebar rumah Anda 8 m dan Panjang 10 m, berapa genteng yang Anda butuhkan untuk menutup atap Anda? Lebar rumah biasanya sama dengan lebar kuda-kuda. Dari contoh di atas saya sesuaikan yaitu 8 m. Rata-rata tinggi kuda-kuda sekitar 1,5 m s.d. 2 m (kita ambil saja ukuran yang 2 m– sesuai gambar). Karena atap biasanya melebihi sisi miring kuda-kuda, kita tambahkan saja panjang 1 m dari lebar kuda-kuda seperti terlihat pada gambar. Untuk mengukur sisi miring kuda-kuda alias atap rumah, kita gunakan rumus phytagoras. Setengah dari lebar kuda-kuda = 4 m, tambahkan 1 m karena atap Anda panjangnya melebihi sisi miring kuda-kuda sehingga didapat :
Atap/Sisi Miring =
phytagoras


Karena lebar atap 5,4 m dan panjang rumah tadi adalah 10 m, maka luas 2 sisi atap seluruhnya = 2 x (5,4 m x 10 m) = 108 m2. Untuk genteng Kodok/Magas/Plentong 1 m perseginya berisi sekitar 25 picis. Maka kebutuhan atap rumah Anda sekitar 108 x 25 = 2.700 picis. Lebihkan 50-100 buah saat membeli untuk antisipasi kemungkinan genteng yang Anda pesan pecah ketika dalam perjalanan. Selamat menghitung.

Sumber:hanifmall.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Sample Text Footer