Home » » Transportasi Vertikal

Transportasi Vertikal

Sistem transportasi vertikal didalam bangunan gedung adalah suatu sistem peralatan yang digunakan untuk memindahkan orang atau barang dari lantai bawah ke atas atau sebaliknya. Suatu bangunan yang besar dan tinggi, harus memiliki sarana angkut transportasi yang nyaman untuk aktifitas perpindahan orang dan barang secara vertikal.

Pada bangunan bertingkat tinggi dan terdapat banyak kegiatan seperti beraktifitas yang memerlukan perpindahan dari lantai satu dengan yang lainnya, agar dapat menciptakan kenyamanan penghuni tersebut, transportasi vertikal sangat dbutuhkan.

Mekanisasi bangunan, terutarna bangunan tinggi menjadi hal yang menonjol dengan timbulnya kebutuhan akan gedung-gedung tinggi di seluruh dunia. Bangunan-bangunan tinggi dalam Arsitektur tidaklah menjadi hasil karya para Arsitek dan Insinyur struktur saja, tetapi menjadi paduan karya berbagai keahlian antara lain juga Insinyur Mesin, Elektro dan Fisika Teknik, paduan antara karya Seni dan Teknologi. Dalam perencanaan bangunan-bangunan tinggi terjadi pemikiran timbal balik antara pertimbangan-pertimbangan fungsi, struktur, estetika, dan persyaratan-persyaratan mekanikal maupun elektrikal.

Suatu bangunan yang besar & tinggi, memerlukan sarana angkut/transportasi yang nyaman untuk aktifitas perpindahan orang dan barang secara vertikal. Sarana angkut vertikal yang bekerja secara mekanik elektrik adalah :
1. Elevator (Lift)
2. Eskalator
3. Travelator / moving walk

0 komentar:

Posting Komentar

Sample Text Footer